Angin Puting Beliung di Garut – Angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (26/2) sekitar pukul 13.30 WIB, menyebabkan 13 warga terluka dan harus menjalani perawatan medis di puskesmas setempat.

Angin Puting Beliung di GarutMenurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Zatzat Munazat, berdasarkan hasil sementara pendataan petugas di lapangan diketahui sedikitnya 50 rumah penduduk rusak dalam kejadian tersebut.

Di Kecamatan Tarogong Kaler, puting beliung merusakkan delapan rumah warga di Desa Cimanganten, bagian atap bangunan Kantor Pos, Kantor Urusan Agama, dan masjid besar Kecamatan Tarogong Kaler.

“Sebanyak 13 warga yang terluka akibat terjangan angin puting beliung itu sudah dibawa ke Puskesmas Tarogong untuk diberi pengobatan dan perawatan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Agus Saefudin di Garut, Minggu (26/2).

Aparat kecamatan, petugas BPBD, dengan dibantu unsur TNI serta Polri sudah dikerahkan untuk membantu menyingkirkan puing-puing bangunan rumah warga yang rusak diterjang puting beliung.

Kebanyakan rumah penduduk yang disapu angin tersebut mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Genting rumah beterbangan kemudian jatuh berserakan di jalan. Sejumlah kios dagangan di kanan kiri Jalan Otto Iskandar Dinata, serta satu tiang Penerangan Jalan Umum dan beberapa papan reklame juga rusak tertimpa dua pohon besar yang tumbang diterjang angin puting beliung.

Photo oleh: Agus Rudiana

SHARE

KOMENTAR