Kerajinan Batik Tulis Garutan

Bagi penggemar Batik, sudahkan Baraya Inilah Garut mencoba menggunakan kain Batik Garutan? Kain Batik Garutan adalah kain indah dengan ragam corak dan memiliki kekhasan tersendiri. Jauh sebelum masa kemerdekaan, Batik Garutan sudah berkembang di masyarakat, merupakan warisan nenek moyang yang berlangsung turun temurun.

Ciri khas Batik Garutan adalah pada motifnya yang umumnya menghadirkan ragam hias datar, dan bentuk-bentuk geometrik. Bentuk-bentuk geometrik ini mengarah secara diagonal, bentuk kawung, atau belah ketupat. Adajuga motif-motif yang mengambil pola bentuk-bentuk flora dan fauna. Warna juga menjadi ciri khas Batik Garutan seperti warna cerah dan penuh pada sisi lainnya, didominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru dan soga agak merah.

Batik Tulis Garutan Kerajinan Kain Batik Tradisi Khas Garut

Motif-motif Batik Garutan memiliki nama khas antara lain Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Rereng Pacul, dan Limar. Selain itu, ada juga lereng adumanis, lereng suuk, lereng calung, lereng daun, cupat manggu, bilik, dan sapu jagat.

Jika Baraya Inilah Garut tertarik ingin mencoba menggunakan kain Batik Garutan, silahkan berkunjung ke kota Garut. Di samping Baraya bisa membeli langsung dari pengrajin batik, Barayapun bisa melihat cara-cara pembuatan batik Tulis arutan. Kini Batik Tulisan Garutan sudah menembus pasar Internasional seperti Singapura, Belanda, Malaysia dan lain-lain. Harga per meter bervariasi antara 50 ribu hingga 300 ribu rupiah. Tentu dengan beragam pilihan jenis kain dan corak batik.

KOMENTAR