Burayot Kue Tradisional Khas Garut. Burayot merupakan nama sebuah makanan khas dari Garut. Mungkin di kalangan luar, yang sangat menonjol khas Garut adalah dodol, padahal di Garut itu sangat banyak makanan khasnya terutama makanan khas tiap kecamatan. Burayot yang sangat dikenal oleh masyarakat Leles, Kadungora dan Wanaraja yang memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Burayot atau ngaburayot dalam bahasa Sunda memiliki arti yaitu bergelantungan. Dari namanya saja sudah pasti makanan ini nyunda atau sunda banget.

Burayot Kue Tradisional Khas GarutBurayot ini terbuat dari bahan-bahan yang tidak sulit ditemukan di banyak tempat yaitu gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, dan tepung beras. Proses pembuatannya pun tidaklah sulit. Pertama-tama yang dilakukan untuk memprosesnya yaitu menumbuk beras merah menjadi tepung beras. Gula merah terlebih dahulu dicairkan. Sementara kacang merah digoreng tanpa minyak atau dalam bahasa sunda proses tersebut disebeut disangray. Kemudian ditumbuk sampai halus. Kacang merah dan tepung beras yang sudah halus kemudian dimasukan kedalam cairan gula merah yang sudah dicairkan dan didinginkan. Kemudian bahan ini dibuat adonan dengan cara diaduk sampai rata lalu dicetak untuk kemudian digoreng menggunakan wajan.

Setelah matang kemudian ditiriskan. Saat ditiriskan dari wajan, makanan ini harus diangkat dengan menggunakan penusuk bambu. Karena sifatnya yang lembek itulah ketika diangkat menggunakan penusuk bamboo maka akan terlihat ngaburayot atau bergelantung, maka dari itulah makanan ini disebut Burayot.

Anda yang berkunjung ke kota Garut atau masyarakat sekitar, silakan jangan lupa untuk mencoba burayot yang tersedia di tiap toko makanan khas Garut. Selain menyajikan dodol dan burayot masih banyak makanan khas Garut yang perlu anda coba dan tak akan kalah rasanya yang sangat cocok dilidah.

KOMENTAR