Awug Makanan Tradisional Khas Wajib Coba

Awug Makanan Tradisional Khas Wajib Coba

SHARE
Awug Makanan Tradisional Khas Wajib Coba

Awug adalah makanan/jajanan khas Jawa Barat. Di Garut, awug cukup populer di kalangan penggemar kuliner. Kenapa? Karena di Garut ada sebuah lokasi dimana beberapa masyarakatnya mempunyai keahlian membuat jenis makanan ini, yaitu di Panawuan. Ya, awug buatan Panawuan sangat dikenal karena rasanya yang lembut, manisnya legit serta parutan kelapanya yang gurih.

Awug terbuat dari bahan tepung beras, gula aren dan kelapa parut. Dari bahan yang sama juga bisa menjadi penganan lain dengan nama beda, yaitu kue Putu. Bedanya kue putu dicetak dalam potongan bambu kecil berukuran kira-kira panjang 6 cm, sedangkan Awug dicetak dalam ‘Aseupan’ berbentuk piramid.

Awug Makanan Tradisional Khas Wajib Coba

Awug dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Disamping dijajakan di tempat, biasanya pedagang pun menerima pesanan. Pasangan awug adalah Kelepon. Kue berbentuk bulat ini terbuat dari tepung ketan, di dalamnya diisi gula aren dan ditaburi kelapa parut. Kedua jeni makanan ini menjadi makanan khas Garut. Bahkan Awug dan Kelepon sering dijadikan Kue pengganti Kue Tart pada acara Ulang Tahun.

Awug bisa dinikmati saat pagi sebagai sarapan pengganti nasi, atau dinikmati sore hari sebagai teman cemilan. Lebih pas jika minumnya adalah teh panas Cikajang atau Teh Cigasong. Nah bagi baraya Inilah Garut yang ingin mencicipi Awug Garut, silahkan datang langsung ke tempatnya. Selamat menikmati wisata kuliner khas Garut.

SHARE
Oky Sastrawiguna adalah seorang penulis cerpen, puisi dan prosa. Oky Lasmini Sastrawiguna juga adalah seorang ibu rumah tangga asal Garut.