Jelajah Wisata Kuliner Mie Bakso di Garut

Jelajah Wisata Kuliner Mie Bakso di Garut

SHARE
Jelajah Wisata Kuliner Mie Bakso di Garut

Kuliner Garut yang juga sangat terkenal adalah bakso. Nah kali ini saya ajak penyuka makanan yang paling banyak ‘digilai’ kaum Hawa ini menuju beberapa pedagang bakso di Garut yang cukup dikenal oleh, tidak hanya di sekitar Garut namun juga dikenal oleh orang-orang Tasik dan Bandung. Kuliner Bakso Garut, katanya mempunyai cita rasa khas, ntah dari kuahnya atau dari bakso nya itu sendiri. Tidak adil kalau hanya ‘mendengar’ nya saja, lebih baik langsung tongkrongin saja tukang bakso nya satu persatu.

Mie Bakso Mang Iko, dikenal karena cara memasaknya tidak menggunakan api berasal dari kompor gas atau kompor minyak tanah, melainkan menggunakan arang. Kuahnya juga bening, tidak begitu kental oleh lemak-lemak atau bumbu. Karena itu pula, bakso Mang Iko yang terletak di Jl. Pasar Baru ini, banyak diburu pembeli yang kebanyakan kaum wanita. Harga per porsinya 10 ribu rupiah, termasuk baso tahu atau baso bawang dan baso bulat.

Jelajah Wisata Kuliner Mie Bakso di Garut

Mie Baso Ceu Ikah, untuk ukuran daerah Garut, sebetulnya harga yang dipasang per porsi 15 ribu rupiah, itu agak berat untuk sebagian orang. Tapi Mie Baso Ceu Ikah yang lokasinya di jalan rel kereta api Rengganis ini, selalu penuh oleh antrian pembelinya. Bahkan orang Garut yang berdomisili di Bandung, sering menyempatkan diri makan bakso ke Ceu Ikah, jika kebetulan pulang ke Garut. Kuahnya khas, lezat dan gurih, karena menggunakan minyak ekstrak udang yang dibuat sendiri. Baksonya juga enak, dagingnya berasa, tangkarnya juga banyak.

Mie Baso Ceu Titi, lokasinya di Jl. Cimanuk seberang Bank BPR Karya Jatnika. Nah yang ini lain lagi, istimewanya bakso Ceu Titi karena menggunakan bumbu kacang yang diblender halus lalu dicampur dengan bumbu lain seperti garam, kecap dan penyedap. Kuahnya khas banget. Begitupun dengan rasa baksonya yang beda dengan bakso lainnya. Ceu Titi yang sudah berusia senja dan usahanya kini diteruskan oleh putrinya ini memasang harga 12 ribu per porsi.

Mie baso lain yang cukup familiar adalah Mie Baso M Imu. Mie Baso M Imu, banyak cabangnya. Pusatnya di Jl. Pasundan, cabangnya ada di Jl. Ciledug, Cimanuk Maktal dan lokasi lainnya. Yang khas dari bakso M Imu adalah bakso uratnya, sekarang ada bakso Jando. Bakso Jando terbuat dari irisan jando dalam bentuk kotak, dicampur adonan bakso seperti biasa, dan dicetak bulat. Hati-hati bagi yang punya kolesterol tinggi, karena bakso jando mengandung lemak. Harga per porsi 12 ribu rupiah.

Sebetulnya masih banyak penjual bakso yang enak dan punya ke-khas an masing-masing, lain waktu ditambah lagi. Sementara itu saja dulu, silahkan jajal bakso-bakso Garut yang murah meriah seuhah, niscaya lidahmu bakal ketagihan lagi untuk mencicipinya.