Baraya Inilah Garut tentu masih ingat dengan postingan jalan-jalan ke Batu Tumpang Cikajang Garut, obyek wisata panorama alam dan olah raga panjat tebing. Nah, kali ini ‘dapur’ Inilah Garut akan menyajikan salah satu jajanan pasar yang bisa menjadi teman seperjalanan Baraya, namanya Tumpeng Cikajang.

Kenapa dinamakan Tumpeng Cikajang, tidak ‘Tumpeng’ saja? Di sini letak bedanya antara ‘Tumpeng’ dengan ‘Tumpeng Cikajang’. Jika Baraya membayangkan Tumpeng Cikajang itu bentuk tampilan maupun cita rasanya, sama dengan Tumpeng pada umumnya, itu salah besar.

ig-tumpeng-cikajang-kuliner-garut

Hampir mirip bentuknya dengan Bacang, itulah Tumpeng Cikajang. Bedanya, bacang berisi cincang daging. Sedangkan Tumpeng Cikajang berisi campuran ikan asin teri atau peda dengan labuh siam atau tempe dan cabe gendot. Lebih pas dimakan dengan gorengan kacang, atau combro.

Seperti jajanan pasar lainnya, Tumpeng Cikajang dijajakan di pasar dan hampir setiap warung makanan biasanya menyediakan jajanan murah, sehat dan mengenyangkan ini. Harganya cuma Rp. 500,- /biji.

Baraya penasaran? Silahkan cicipi kuliner khas Cikajang yang satu ini, hanya ada di Cikajang Garut. Cekidot dan cicipi sensasinya ketika anda berlibur menikmati 5 Tempat Wisata Alam Pilihan di Garut.

‘Tumpeng Cikajang’ memiliki beberapa keunikan istimewa.

KOMENTAR