Home > Seni Budaya > Atraksi Lais Sebuah Kesenian Asli Garut

Atraksi Lais Sebuah Kesenian Asli Garut

Garut memang tak dipungkiri memiliki banyak potensi, salah satunya adalah atraksi Lais yang merupakan sebuah produk seni budaya khas dan asli Garut. Lais merupakan kesenian turun temurun yang diwariskan Garut dalam bidang kesenian dan kebudayaan, Lais sendiri sebetulnya masih terkait dengan kesenian pencak silat.

Istilah Lais diambil dari nama seorang warga yang begitu ahli dan terampil memanjat pohon kelapa pada jaman dahulu tepatnya pada masa penjajahan belanda. ‘Pak Lais’ atau ‘Laisan’ begitulah beliau kerap dipanggil warga sekitar kampung Nangka Pait, kecamatan Sukawening, Garut.

Kesenian Lais Kesenian Asli Garut

Kesenian Lais Garut - doc. kaskus.co.id

Terkait dengan muasal kesenian Lais yang lahir pada masa penjajahan Belanda di daerah Sukawening maka warga sekitar menjadikan seni akrobatik ini sebagai kesenian khas kampung tersebut dan seiring dengan bertambahnya waktu, kesenian Lais terus diturunkan kepada penerusnya.

Seni akrobatik Lais menampilkan atraksi para pemain dengan bergelantungan pada seutas tali yang diikatkan dan dibentangkan pada dua batang bambu. Para pemain Lais menari-nari, meliukan badan dan mendemonstrasikan gerakan-gerakan pencak dan bertumpu pada seutas tali tambang tanpa pengaman apapun serta diiringi dengan musik tradisional pencak silat yang khas.

Atraksi Lais Sebuah Kesenian Asli Garut ini dapat disaksikan pada acara-acara adat dan juga gelaran-gelaran besar Kabupaten Garut.

GD Star Rating
loading...
Atraksi Lais Sebuah Kesenian Asli Garut, 3.7 out of 5 based on 3 ratings
Oleh , dilayangkan dalam rubrik Seni Budaya.
Inilah Garut adalah media informasi seputar parisiwata Garut. Inilah Garut juga mengupas sisi keunikan, khasanah, dan potensi kota intan Garut.
Garut Advertising - Promosi Iklan Murah
Inilah Garut Facebook
Inilah Garut Online - Portal Online Informasi Tempat Tujuan Wisata Seputar Garut, Kuliner Juga Ciri Khas Garut dan Segala Hal Tentang Pariwisata
Inilah Garut Tidak Memiliki Hubungan Afiliasi Dengan Situs Inilah.com