Home > Tokoh Garut > KH. Yusuf Tauziri Tokoh dan Pahlawan Asal Garut

KH. Yusuf Tauziri Tokoh dan Pahlawan Asal Garut

Garut ternyata memiliki tokoh pejuang yang memiliki visi nasionalis tulen, yaitu KH. Yusuf Tauziri. Beliau adalah figur ulama besar, pendakwah yang juga tokoh pejuang pemberani, mendapat julukan Khomeini dari Cipari, yang berjasa untuk mewujudkan serta mempertahankan kesatuan Republik Indonesia.

KH. Yusuf Tauziri Tokoh dan Pahlawan Asal GarutKiprah penting KH. Yusuf Tauziri pada saat revolusi berlangsung adalah membentuk Laskar Darussalam di pesantren yang dibentuknya di Wanaraja. Sesudah wanaraja direbut Belanda ia hijrah ke Pesantren Cipari, sebelah utara dari Wanaraja—dulu Cipari merupakan bagian dari Wanaraja tapi setelah ada pemekaran kecamatan, Cipari termasuk wilayah kecamatan Pangatikan. Pesantren Ciparilah yang dipakai Markas oleh beliau sehingga sering diserang oleh pasukan DI/TII, sampai 52 kali.

Perbedaan pandangan yang sangat prinsipil telah menjadi garis tegas pembeda antara Kartoseowirjo dan Kiai Yusuf. Padahal keduanya adalah kawan dekat di Sarikat Islam (SI). Sikap Kartosoewirjo yang menghalalkan segala cara untuk mendirikan Negara Islam di bumi pertiwi ditentang Kiai Yusuf.

Kecintaan kepada Republik Indonesia, justru membuat Laskar Darussalam memilih untuk memperkuat Barisan Keamanan Rakyat (BKR), yang kemudian menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), sebagai cikal bakal lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI). Itulah mengapa Kiayi Yusuf Tauziri identik dengan Laskar Darussalam, tak dapat dipisahkan, bagai ikan dengan air. Dan mereka tak terpisahkan dengan keberadaan Tentara Nasional Indonesia.

Pada saat terjadi pemberontakan NII/DI, Darussalam yang memang dijadikan benteng pertahanan oleh TNI, menjadi sasaran penyerangan yang dilakukan oleh Kartosuwiryo dan kawan-kawan. Jejak berondongan peluru masih terekam jelas dan menjadi tapak sejarah akan lahirnya perjuangan mempertahankan republik ini.

Nama Yusuf Tauziri pun jelas tertoreh di dalam sejarah TNI, khususnya Kodam Siliwangi, sebagai seorang tokoh pejuang yang berperan serta atas lahirnya Tentara Nasional Indonesia. Beliau meninggal di Garut pada tahun 1982, dan dimakamkan di lingkungan Pesantren Darussalam Wanaraja.

GD Star Rating
loading...
KH. Yusuf Tauziri Tokoh dan Pahlawan Asal Garut, 4.7 out of 5 based on 3 ratings
Oleh , dilayangkan dalam rubrik Tokoh Garut.
Oky Sastrawiguna adalah seorang penulis buku, cerpen, puisi dan prosa. Oky Lasmini Sastrawiguna juga adalah seorang blogger senior asal garut yang menekuni dunia SEO.
Inilah Garut Facebook
Inilah Garut Online - Portal Online Informasi Tempat Tujuan Wisata Seputar Garut, Kuliner Juga Ciri Khas Garut dan Segala Hal Tentang Pariwisata
Inilah Garut Tidak Memiliki Hubungan Afiliasi Dengan Situs Inilah.com