Home > Wisata > Curug Sanghyang Taraje Garut Tempat Wisata Panorama Mistis

Curug Sanghyang Taraje Garut Tempat Wisata Panorama Mistis

Curug Sanghyang Taraje Garut Tempat Wisata Panorama Mistis Hampir di setiap Curug biasanya diselingi dengan kisah mistis yang membingkainya. Dan Curug Sanghyang Taraje Garut adalah salah satunya. Dimana lokasi Curug Sanghyang Taraje serta cerita mistik di baliknya, mari kita sama-sama telusuri. Curug dalam bahasa Sunda mempunyai arti air terjun, taraje berarti tangga, sanghyang bisa berarti langit atau khayangan. Jadi Curug Sanghyang Taraje bisa diartikan air terjun menyerupai tangga menuju langit atau khayangan. Dan memang benar, curug satu ini bentuknya mirip sekali dengan tangga atau taraje dalam bahasa Sunda. Menurut cerita atau mitos yang berkembang hingga kini, Curug Sanghyang Taraje masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anak Prabu Siliwangi dari Kerajaan pajajaran yakni Kian Santang.

Curug Sanghyang Taraje Garut Tempat Wisata Panorama Mistis

Konon Kian Santang, yang hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini, sehingga curug ini dinamai Sanghyang Taraje. Dan konon juga, di area curug ini Kian Santang menyimpan salah satu benda berharga dan dijaga oleh ular yang sangat besar, dan konon lagi, penduduk sekitar kadang masih suka ngeliat penampakan dari ular besar tersebut…Wallahu ‘alam.

Curug Sanghyang Taraje berada tepatnya di desa Kombongan wilayah Pakenjeng Kabupaten Garut berada di ketinggian 1000 Meter diatas permukaan laut dengan tinggi air terjun 100 Meter. Jarak dari ibu kota Kabupaten Garut kurang lebih 47 Km dapat ditempuh dengan menggunakan roda 4 dan roda 2 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kondisi jalan cukup baik meskipun tidak bisa disebut istimewa, di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan cantik undakan-undakan sawah khas Parahiangan.

Untuk sampai di Curug Sanghyang Taraje, menurut pengalaman kami, lebih nyaman menggunakan kendaraan roda dua. kondisi jalan yang curam, berbatu dan sempit cukup beresiko, belum lagi area disekitar pos terakhir menuju curug sempit dan susah untuk parkir jika menggunakan kendaraan roda 4, apalagi kalo belum hafal medan dan kendaraan yang tidak fit.

Bagi penghobi fotographi, jangan lewatkan pengalaman luar biasa yang akan anda dapatkan dari hasil jepretan kamera anda, sekalipun cuaca berkabut. Menurut pengalaman seorang teman saat cuaca berkabut, justru akan mendapat hasil gambar yang,,,mistis dan eksotis. Untuk membuktikannya, silahkan datang sendiri dan telusuri keseluruhannya. Selamat berwisata!

GD Star Rating
loading...
Curug Sanghyang Taraje Garut Tempat Wisata Panorama Mistis, 4.8 out of 5 based on 9 ratings
Oleh , dilayangkan dalam rubrik Wisata.
Oky Sastrawiguna adalah seorang penulis buku, cerpen, puisi dan prosa. Oky Lasmini Sastrawiguna juga adalah seorang blogger senior asal garut yang menekuni dunia SEO.
Inilah Garut Facebook
Inilah Garut Online - Portal Online Informasi Tempat Tujuan Wisata Seputar Garut, Kuliner Juga Ciri Khas Garut dan Segala Hal Tentang Pariwisata
Inilah Garut Tidak Memiliki Hubungan Afiliasi Dengan Situs Inilah.com