Kesempatan Inilah Garut menelusuri keindahan Pantai Garut Selatan, akhirnya terkabul juga. Dan lebih istimewa lagi saat Inilah Garut menjejakkan kaki di sebuah tebing dengan hamparan rumput hijau, sejauh mata memandang adalah keluasan laut selatan dengan debur ombak menggunung. Eksotik dan memukau, itu kesan yang didapatkan. Jika Bali bangga dengan Uluwatu, Garut pun bangga dengan Puncak Gua.

Kenapa dinamai Puncak Gua, karena di lokasi tebing terdapat sebuah gua yang cukup dalam dan dihuni oleh kelelawar. Inilah Garut tidak bisa memandang lepas karena terhalangi oleh ketajaman bibir gua yang cukup terjal. Hanya bisa mendengar suara kelelawar yang berputar-putar mengelilingi bibir gua. Sungguh menimbulkan suasana mistis, ditengah suara debur ombak memecah pantai.

Pantai Puncak Guha Tempat Wisata Garut Selatan

Suasana lenggang dan asri, terasa sekali di sekeliling, karena tidak ada satupun pedagang makanan atau pedagang cendera mata di sekeliling Pantai Puncak Gua, seperti layaknya di obyek wisata lainnya. Justru karena itulah, Puncak Gua sangat cocok digunakan untuk benar-benar menikmati panorama pantai dari ketinggian tebing. Menikmati keheningan, mungkin adalah kata yang tepat, saat kita berkunjung ke sana.

Pantai Puncak Guha Garut Selatan

Jika Baraya Inilah Garut akan berkunjung ke Puncak Gua, ada baiknya sudah mempersiapkan makanan ringan dan perbekalan minum di dalam tas, lebih baik perut sudah terisi makanan padat, karena seperti tadi saya sampaikan, di lokasi tak ada penjual makanan atau minuman. Jangan lupa untuk membuang bekas makanan atau sampah lainnya ke dalam tong sampah yang sudah disediakan. Urungkan niat untuk mencari tempat nginap, karena di Puncak Gua tidak ada tempat untuk menginap.

Pemandangan Puncak Guha

Jika Baraya berangkat dari arah ibu kota Kecamatan Pameungpeuk, jarak tempuh sampai ke Puncak Gua adalah sekitar 34 km. Dan hanya berjarak 3 km dari arah Pantai Ranca Buaya wilayah Kecamatan Bungbulang. Tinggal pilih saja, start dari Pameungpeuk atau Ranca Buaya. Tidak usah khawatir dengan kondisi jalan. Sebagian besar jalanan dalam kondisi licin, hanya sebagian kecil saja dalam kondisi berlubang kecil dan dangkal.

Nah, Baraya Inilah Garut penikmat travelling, silahkan cobalah menjajal pantai-pantai Garut Selatan, singgahlah di Puncak Gua dan nikmati sesnsasi yang akan tetap membekas dan memenuhi kenangan.

KOMENTAR