Pantai Manulusu merupakan sebuah tempat wisata pantai dan taman laut yang terletak di daerah Cikelet, tepatnya di Desa Cigadog Kec.Cikelet, taman manulusu ini memiliki sejarah dimana yang mempopulerkan taman laut ini adalah cucu dari Karl Manalusu seorang administrator perkebunan kelapa sawit di daerah Condong yang kemudian namanya dijadikan nama tempat wisata ini.

Pantai Taman Laut Manalusu Tempat Wisata Garut Selatan

Rute untuk menuju taman laut pantai Manalusu dapat kita akses dengan mudah, dari ibu kota Garut dapat menempuh jalur menuju Pameungpeuk dengan jarak tempuh sekitar tiga sampai empat jam perjalanan dengan menggunkan kendaraan baik umum maupun pribadi. Sesampainya di Pameungpeuk kita dapat menggunakan akses jalan lintas selatan, untuk menuju lokasi memiliki jarak kurang lebih 20 KM dengan kendaraan. Aksesnyapun mudah karena dapat kita tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Tempat Wisata Pantai Taman Laut Manalusu Garut SelatanMeski jalanan lintas selatan kini tidak sebagus pada awal-awal launching namun lobang-lobang di jalanan ini cukup romantis karena kita harus geol kanan dan geol kiri untuk memilih lintasan kendaraan. Tapi itubukan permasalahan besar karena sesampainya di taman manalusu kita langsung disuguhkan panorama pantainya yang cukup memukau, semuanya terbayar lunas.

Tidak hanya itu, baraya sesungguhnya di pantai ini bukan keindahan pantainya saja yang dapat kita nikmati namun taman lautnya yang tak kalah dengan taman laut Bunaken sekalipun. Banyak ikan hias yang mempesona di taman ini begitupula dengan terumbu karangnya yang indah.

Semoga pihak-pihak terkait khususnya pemerintah daerah meperhatikan akses jalan menuju tempat-tempat wisata Garut Selatan yang didominasi oleh wisata bahari, untuk jalur lintas selatan dibeberapa titik ditemui jalan-jalan yang cukup membahayakan terlebih jika ditempuh pada waktu malam hari.

Nah baraya Inilah Garut, kami cukupkan sedikit liputan tempat wisata Garut Selatan kali ini, tepatnya Pantai Taman Laut Manalusu Tempat Wisata Garut Selatan, yuk kita kunjungi tempat wisata di Garut.

KOMENTAR