Home > Wisata > Selayang Pandang Gunung Guntur Garut

Selayang Pandang Gunung Guntur Garut

Kali ini Baraya Inilah Garut kami ajak untuk lebih mengenal salah satu gunung yang cukup banyak dikenal dan berada di wilayah Kabupaten Garut. Baraya tentu tidak asing dengan nama Gunung Guntur, di kaki gunung tersebut terdapat obyek wisata Cipanas, dimana limpahan air panas nya bersumber dari kawah Gunung Guntur.

Gunung Guntur Garut

Gunung Guntur Garutdoc.garutkab.go.id

Baraya, dari penelusuran beberapa catatan, Gunung Guntur berada pada ketinggian 2.249 m,  merupakan salah satu gunung berapi paling aktif pada sekitar tahun 1800-an. Namun setelah itu, aktifitasnya menurun hingga kini. Letusan Gunung Guntur pertama kali terjadi pada tahun 1690 dan letusan terakhir pada tahun 1847. Letusan Gunung Guntur yang terbesar terjadi pada tahun 1840 dimana lava yang keluar mengalir hingga Cipanas yang berjarak 3 Km dari kawah Gunung Guntur.

Gunung Guntur terletak di Kampung Dukuh Desa Pananjung Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Bagi para pendaki gunung, untuk menuju puncak/kawahnya, Baraya dapat melakukannya dari Kampung Citiis sebelah selatan Gunung Guntur, dengan waktu tempuh 3 – 4 jam. Sedangkan Untuk menuju Kampung Citiis bisa dilakukan dari Kota Garut (3 km) dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat).

Sayang sekali kondisi cagar alam di sekitar kaki gunung tersebut telah rusak, bahkan menurut data di Dinas Kehutanan Kabupaten Garut, kerusakannya sudah mencapai sekitar 500 ha. Kondisi ini diperparah lagi dengan adanya pengerukan pasir ilegal yang telah memakan hampir sepertiga kaki gunung tersebut.

Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak mendapat tanggapan serius dari semua pihak, maka tidak tertutup kemungkinan bencana besar harus dihadapi oleh warga masyarakat di sekitar wilayah Gunung Guntur. Curah hujan yang tinggi, bisa berakibat banjir bandang dan longsor material Gunung Guntur. Mendekati musim hujan yang tidak akan lama lagi, semestinya masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

GD Star Rating
loading...
Selayang Pandang Gunung Guntur Garut, 5.0 out of 5 based on 8 ratings
Oleh , dilayangkan dalam rubrik Wisata.
Oky Sastrawiguna adalah seorang penulis buku, cerpen, puisi dan prosa. Oky Lasmini Sastrawiguna juga adalah seorang blogger senior asal garut yang menekuni dunia SEO.
Garut Advertising - Promosi Iklan Murah
Inilah Garut Facebook
Inilah Garut Online - Portal Online Informasi Tempat Tujuan Wisata Seputar Garut, Kuliner Juga Ciri Khas Garut dan Segala Hal Tentang Pariwisata
Inilah Garut Tidak Memiliki Hubungan Afiliasi Dengan Situs Inilah.com