Situ Cidahu merupakan salah satu tempat wisata alternatif untuk baraya Inilah Garut berupa sebuah danau yang terletak di daerah Karangpawitan, tepatnya di desa Mekarsari, Karangpawitan Garut. Meskipun nama lokasi wisata alam ini tidak terlalu terkenal seperti halnya Situ Bagendit ataupun Talaga Bodas namun tak ada salahnya kita mencoba untuk menjelajahi tempat wisata di Garut yang satu ini.

Situ Cidahu Garut Tempat Wisata Danau Karangpawitan

Untuk menuju ke lokasi wisata danau ini tidak terlalu sulit, baraya bisa dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi berupa kendaraan roda dua ataupun kendaraan umum. Tips dari kami untuk menuju ke tempat ini yakni siapkan kondisi dan fitalitas kendaraan anda mengingat akses dari jalan raya menuju lokasi tidak semulus yang dibayangkan. Sebetulnya track menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan roda empat namun dibeberapa titik ukuran jalan tidak stabil. Untuk mengakses dengan menggunakan kendaraan roda dua hampir tak ada kendala yang berarti selain dari kewaspadaan kita mengatur laju kendaraan, terlebih jika kita menuju lokasi di musim penghujan.

Situ Cidahu merupakan sumber air untuk masyarakat di daerah Cidahu dan sekitarnya, di danau ini terdapat rakit-rakit yang dan kolam terapung yang dikelola oleh masyarakat. Keindahan danau ini tak kalah dengan danau-danau lainnya, keasrian dan kesejukan udara tetap menjadi salah satu ciri khas ketika kita berkunjung ke lokasi tempat wisata di Garut.

Berbicara masalah fasilitas memang di tempat wisata ini sangat minim karena memang belum tersentuh oleh perhatian pihak pemerintah, namun tak perlu khawatir untuk urusan makan kita disini bisa menyantap ikan hasil pancingan atau kolam terapung yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Kita juga bisa mendirikan tenda di tepi situ untuk sekedar melepas kepenatan rutinitas sehari-hari.

KOMENTAR